Cari Blog Ini

Jumat, 14 Agustus 2015

Auxilary Power Unit ( APU)

Pada saat mesin dimatikan,pesawat masih perlu masukan listrik untuk instrumen serta alat kelistrikan lainnya dan juga udara bertekanan (peneumatik)yg disebut bleed air untuk menjalankan penyejuk udara air conditioning pack.

-pada pesawat tertentu seperti boeing 787 ,apu hanya memasok tenaga listrik karena pendingin udara kabin dilalukan oleh perangkat pengatur suhu dg tenaga listrik saja tanpa tenaga penumatik,begitu pula engine start yg menggunakan listrik untuk memutar tenaga turbin.

Apu dipakai pada saat semua mesin dalam keadaan mati,normalnya apu dinyalakan pd saat pesawat disiapkan akan terbang oleh teknisi ataupun penerbangnya
-apu akan kembali dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan agar kelistrikan AC pack di pesawat tetap digunakan . Untuk turn-arround atau transit,apu biasanya dibiarkan menyala kecuali di bandar udara yg mengahruskan pemakian external power dan external AC di parkiran pesawat

Tempat APU di pesawat boeing 737

Tidak ada komentar:

Posting Komentar